top of page
  • fibriafibria

London from the Top: 5 Rooftop Kece di London (some of them are free to access!)

Updated: Aug 15, 2023

Kalau pas ke London, salah satu kesenengan saya itu ngeliat London dari atas. Entah ya, mungkin ini juga emang sayanya aja yang suka kepo, kota ini, kalau dilihat dari atas a.k.a cara bird-view, kayak apa sih bentukan keseluruhannya? Itulah yang akhirnya ngebikin saya tiap mau ke London, getol amat nyari ada rooftop atau gedung tinggi mana nih yang bisa didatengin? Trus kalau ternyata bisa free access, the better it is!


Dalam 5 tahun terakhir ini, ada 5 tempat yang saya datengin. Semua lokasinya di tengah kota London (jadi kalau habis dari sini mau ke destinasi lain, aksesnya masih mudah dan cepat) dan ada yang berupa pure rooftop garden, ada juga yang dicampur dengan lounge ada juga yang berupa attraction.


Dari 5 tempat, yang 3 pertama adalah favourite saya dan selalu saya kunjungin kalau ke London :p


1. Sky Garden (20 Fenchurch Street)

Sky Garden London Rooftop United Kingdom
Lounge-nya Sky Garden

Sky Garden ini pertama kali dibuka tahun 2015 dan langsung jadi hype banget (maklum, kayaknya di London waktu itu kalau mau ke rooftop kayak gini, biasanya harus bayar). Wait, jadi, Sky Garden ini gak bayar? Yes! Correct! Kita bisa mengakses Sky Garden ini free!


Jadi, di Sky Garden ini ada area lounge, beberapa restoran dan bar lounge. Untuk area lounge, pengunjung bebas mengakses (termasuk deck/teras yang di luar itu tuh). Sementara untuk restoran (dan sepertinya bar lounge) harus booking - terutama bar lounge kalau mau duduk-duduk. Tapi di bar lounge ini juga kita bisa bebas beli minuman, gak musti harus booking.


Trus bisa ngedapetin akses freenya gimana? Tinggal masuk aja ke website-nya Sky Garden lalu pilih "Book a Free Visit". Nah, tapi ini bookingnya musti agak jauh-jauh hari ya. Soalnya mereka ada kuota per hari dan cepet full. Nanti pas dapet tanggal, kita bisa pilih di jam berapa kita masuk. Make sure kamu berada di sana tepat waktu ya, daripada nanti dibilang gak boleh masuk. Begitu udah sampe di atas, bebaaaaasssssss mau berapa lama.

Dari Sky Garden ini, kamu bisa ngedapetin viewnya London 360 derajat dari ketinggian (tapi ngeliatnya dari balik jendela sih) ... err... berapa ya tingginya? tinggi bangetlah pokoknya :))


Sky Garden ini buka dari jam 07.00/08.00 pagi - 12.00 malam. Jadi kalau ada yang ambisius mau ambil foto pas sunrise dikala winter (yang mana biasanya jam 07.00 masih gelap gulita), bisa nih ke sini. Kuat-kuatin mental aja :p


Kalau mau ke sini pake apa? Bisa pakai bis, jalan kaki atau pake tube. Kalau pakai tube, turunnya di Monument Station atau Canon Street Station. Oh iya, Sky Garden ini berada di area gedung-gedung tua London yang sekarang banyak dipakai untuk jadi perkantoran. Jadi, I really recommend untuk jalan-jalan di sekitar sini, it's a total feast to the eyes! :)


2. Garden at 120

Garden at 120 London Rooftop United Kingdom
Garden at 120

Nah, tapi dibandingin rooftop lainnya, ini rooftop paling pendek sih, kayaknya cuma beberapa belas lantai atau 20an lantai gitu. Tapiii suasana di rooftopnya paling juara menurut saya. Soalnya:

  • Rooftopnya full di empat sisi, jadi kita bisa ngeliat view London 360 derajat.

  • Setengah rooftopnya ada ceilingnya, setengahnya enggak. Jadi kalau pengen dapet suasana outdoor kena angin, dapet banget di sini.

  • Bagian tengah rooftopnya itu taman. Yes, bener, taman cantik yang kita bisa duduk-duduk dan bahkan ada kolam kecilnya gitu. Jadi gak flat cuma concrete doang.

  • Pemandangan sekitarnya kebanyakan masih gedung-gedung di area business district-nya London, tapi trus bisa ngeliat Tower Bridge juga.

London rooftop embankment bank fenchurch street

Menurut saya, ini rooftop paling asik kalau mau duduk-duduk santai sama temen-temen, pengen ngeliat view London dari atas tapi gak mau diganggu dengan rusuhnya orang-orang di sekitar, pengen nikmatin London dari atas tapi pengen sambil duduk-duduk di taman, rooftop ini paling juarak!


And.. it's free of charge aka gratis!


Nah caranya ke sini gimana? Tempat ini lokasinya ada di bangunan perkantoran yaitu gedung 120 Fenchurch Street. Tube station terdekat dari tempat ini adalah Monument/Tower Hill/Bank stations (ada 3 stations nih, bisa dipilih aja).


Areanya kayak berada di antara gedung-gedung gitu sih. Nanti cari aja gedung yang di bagian lobi luarnya, langit-langitnya berupa LED TV yang nampilin nuansa alam. Di gedung itu ada satpamnya kok, tanya aja, mereka baik-baik.


Kalau gak salah, tempat ini buka jam 10.00-17.30 (dan biasanya kalau summer bisa buka lebih malam) dan tempat ini tutup di hari Minggu, so you'd better plan your trip around Monday-Saturday.

Gherkin London Garden at 120
The Gherkin!

3. One New Change Mall (deket St. Paul's Cathedral)

One New Change Rooftop London United Kingdom
Rooftop at One New Change (Biasanya gak ada dekorasi kayak gini sih. Ini kayaknya dibikin karena lagi Wimbledon Season waktu itu dan mereka mau bikin nobar. Yes, nobar at a rooftop! How can you not love London?

Satu lagi rooftop di London yang free of charge dan gak ada batas waktu buat nikmatinnya (and another my most favourite rooftop!). Rooftop yang satu ini adanya di atas mall yang deeeeeket banget sama St. Paul's Cathedral. Gak kayak di Jakarta, mall-nya lebih kayak bangunan terbuka yang kita bisa jalan di lorong-lorongnya untuk ke sisi lain jalan dari mall ini.


Begitu sampai di One New Change Mall, langsung aja cari lift yang ada di area lobi semi-outdoor mall (deket counter Mango). Lalu, naik langsung ke lantai 6 dan tadaaaa... nyampe deh ke rooftopnya.

Pemandangan dari lift-nya One New Change untuk naik ke rooftop

Rooftopnya bisa diakses kapan aja tanpa harus registrasi (sama kayak Garden at 120) dan ada beberapa kursi duduk-duduk di atasnya. Viewnya? Kubahnya St. Paul's Cathedral dan pemandangan ke arah The Shard. Di rooftop ini pemandangan yang bisa kita lihat lebih terbatas dari rooftop lainnya, karena hanya di satu sisi saja. Tapi rooftop ini selalu jadi tempat yang saya datangi tiap ke London.


Oh ya di lantai 6 ini, gak cuma ada rooftop, tapi ada lounge/bar juga. Lounge-nya gimana? Oke gak? Nah itulah, saya gak pernah sempet nyoba lounge di sini karena selalu pecicilan pengen ke sana sini kalau di London :)) Buanyak banget abisnya tempat buat didatengin!

Nyempil foto aku satu yaaaaa :p

Back to the rooftop, pemandangan dan suasana saat siang dan malam di rooftop ini beda banget. Kalau siang, bisa enak duduk-duduk leyeh-leyeh. Kalau malam, lebih manis dan rada magis karena ngeliat lampu-lampu kota dan dome-nya St. Paul's Cathedral.

Nah, rooftop ini ga ada ceiling/atapnya. Jadi, hindari ke sini kalau lagi hujan ya.


Cara ke sini gimana? Gampang. Bisa mampir ke sini kalau pas lagi ke St. Paul's Cathedral (St. Paul's Tube Station) atau pas lagi jalan-jalan di pinggiran River Thames.


Oh, kalau pas naik lift ke rooftop ini, begitu masuk lift, tetap menghadap ke arah St. Paul's Cathedral ya. Kereeeeeeeeeen banget pas liftnya naik, karena liftnya full kaca jadi bisa punya full access ke pemandangan di luar. Menurut saya ini salah satu yang paling bikin "Whoaaaaawwwwww" kalo pas di London.


4. View at The Shard

Nah ini dia nih bangunan paling terkenal seantero London. The Shard. Bangunan yang bentuknya segitiga, super tinggi banget dan udah jadi bagian dari skyline-nya London sejak sekitar 2012 or 2013. Tingginya sekitar 300an meter dan kalau gak salah di tahun 2013 itu jadi gedung tertinggi di Eropa.


Nah, kalau mau ngeliat London dari posisi tertinggi, di sini tempatnya!

The Shard London United Kingdom
Bangunan segitiga yang itu lho, si The Shard

Tapii.. untuk masuk ke sini harus pakai tiket. Kalau gak salah, dengan tiket seharga GBP25 udah bisa ngabisin waktu sesukanya dari open air deck di lantai 72. Yes, you read it correctly, open air!


Tepatnya, dia ada dua lantai gitu. Yang lantai di bawahnya, ketutup sih, ada ceilingnya. Jadi rasanya tetap kayak di dalam ruangan yang sekelilingnya kaca. Di lantai yang ini ada bar-nya dan kita bisa pesen minum kalau mau (diluar tiket). Nah, lalu kita bisa naik ke lantai di atasnya. Ini diaaaaa yang open air deck. Sekelilingnya sih masih jendela kaca, tapi di atasnya gak ada atapnya.

72nd floor open-air deck The Shard London United Kingdom
View dari 72nd floor open-air deck The Shard

Waktu itu saya ke sana September. Walau cuaca London lagi manis aka langit biru dan cerah terus waktu itu, tapi anginnya khan maeeeeeeennn... Daripada nanti saya masuk angin dan pas mau beli obat susah ngejelasin term 'masuk angin' ke bule di sana, yaudalah ya, sebentar aja, turun lagi. Lagian juga dingin buangeeettt dan anginnya sadis sih. Mau motret juga gak tenang hahahaha...

View London lengkap banget kalau dari The Shard

Tapi anyway, tempat ini seru banget. Walau spacenya agak sempit (jadi gak yang ruang terbuka di tengahnya, karena area tengahnya untuk lift, tangga etc., gak kayak tiga rooftop di atas), tapi viewnya bagus sekali dan bikin betah dan pengen foto terus, padahal yang difoto ya juga itu-itu ajaaaaa lagi (ya River Thames lagi, London Eye lagi, bangunan-bangunan lagi dan rel kereta lagi) hahahhaa... Saya kayaknya ada tuh waktu itu 200 frame paling enggak hahahaha...

Tower Bridge & London Bridge Train Station

Oh, kalau ke sini, waktunya dipas-in sama pas mau sunset deh. Cantik sekaleeeeee dapet gradasi langitnya. Jadi bisa dapet foto London pas cerah dan pas lampu-lampu mulai nyala :)

LOL foto Londonnya banyakan pas gelap ya? Saya suka banget London pas malam soalnya, manis dia bikin sayang :p

Kalau mau ke sini, naik tube dan turun di London Bridge Tube Station. Nanti dari stationnya udah ada petunjuk arah ke The Shard. Jadi kalau abis main dari Tower Bridge (abis ngeliat jembatan kebuka pas perahu lewat), bisa main ke The Shard.


Kalau mau beli tiket, aku saranin beli online aja. Jadi bisa milih jamnya dan kalau gak salah ada discount. Tiketnya bisa beli di sini.


5 .London Eye

Nah kalau yang ini, jaminan semua pasti udah pada tahu, at least pasti tahu ini yang mana bentukannya. London Eye, si ‘ferris wheel’ yang ada di pinggiran River Thames.

Kalau mau lihat London dari atas, London Eye bisa jadi salah satu pilihan.

Detail tentang London Eye begini:

Untuk satu putaran, durasinya sekitar 15 menit. Lumayan sebentar sih, hehe.. Tapi kan dapet experience naik London Eye-nya.


Tentang tiket, kalau mau beli tiketnya, bisa beli online atau langsung di tempat. Dua kali naik ini, Dua kali naik ini, saya selalu beli di tempat sih dan ga pernah ada masalah. Harga tiketnya juga worth it kok dibandingin pengalaman dan pemandangannya.

Kenapa beli tiket di tempat? Karena saya suka ngecek cuaca London di hari itu dulu, hahaha… karena memang se-labil itulah cuaca London, sekarang panas langit biru, 15 menit lagi bisa tau-tau mendung trus hujan. Hujan di London juga gitu. Tau-tau hujan, eh pas ngeluarin payung, berhenti trus terang lagi. Macam orang lagi PDKT aja. Tetiba dateng, tau-tau ngilang #Hmmm #Mulaaaaai


Kalau mau beli tiket London Eye secara online, bisa di sini.

London Eye Big Ben Westminster London United Kingdom
London Eye feat. the Big Ben

Rasanya pas naik London Eye gimana? Menyenangkan sih. Jadi biasanya satu capsule dibatasi untuk 10 orang. Capsule-nya sendiri luas, jadi kita bisa kelilingan sana-sini di dalamnya. Ada 10 orang trus kalau mau foto-foto susah dong??? Worry not! Orang-orang di dalam capsule-nya, karena kita sesama turis, kepentingannya sama, jadi sama-sama sadar diri kok. Malah kadang suka saling bantu gantian foto hahaha…


London Eye-nya sendiri geraknya pelaaaaaaan banget, so you’ll have plenty of time to take pictures of the view, together with your loved ones with the view as the background and some selfies.

Pemandangannya sendiri, yaa view-nya sekitaran River Thames dan gedung-gedung sampe ke arah Canary Wharf dan Big Ben. Jadi kalau mau motret Big Ben dari atas, naiklah London Eye! Pemandangannya akan ganti-ganti seiring capsule-nya naik, jadi gak bakal bosen.


Kalau mau naik London Eye, gimana cara ke sananya? Biasanya saya ke London Eye setelah dari Big Ben. Jadi stasiun terdekat yang saya pilih adalah Westminster Tube Station atau Embankment Station.


Trus sehabis naik London Eye, biasanya saya mampir ke Pret A Manger coffee shop yang ada di deket Westminster Bridge (masih di area London Eye) buat beli cappuccino/latte-nya dan makan sandwich-nya. Trust me, cuaca London yang labil itu beserta anginnya, bikin gampang laper.


Oh, mau nyari spot romantis buat ngelamar pacar? London Eye bisa jadi salah satu tempatnya! Hahaha… Pesen saya sih siap mental aja ngerasain deg-degan dari sejak antri, masuk capsule dan capsule-nya pelan-pelan naik. Trus belum lagi kalau pengen nentuin ngelamarnya pas lagi view apa hahaha.. you’ve got all my blessings! :)


31 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page