top of page
  • fibriafibria

Itinerary: 1 Hari di London

Updated: Aug 15, 2023

Cuma punya waktu satu hari di London? Enaknya ke mana? Kalau punya waktu satu hari dan belum pernah ke London, saya saranin untuk datang ke tempat-tempat checklist utama di "The Big Smoke": Buckingham Palace - Trafalgar Square - Big Ben - London Eye - Tower Bridge - Piccadilly Circus/Oxford Street.

1. Green Park from Buckingham Palace

Buckingham Palace London

Setiap jam 11.00 ada acara Changing the Guard di Buckingham Palace. Lumayan cihuy nih utk dilihat. Pagi dari penginapan, naik tube ke Green Park Station (kalau bisa sampe di Green Park Station jam 10.30). Dari Station, jalan ke Buckingham Palace (signage-nya dimana-mana kok). Acara mulai jam 11, tapi enaknya udah ambil posisi dari jam 10.30an di depan Buckingham Palace. Acara selesai 11.45, bisa foto-foto bentar. Untuk pastinya hari tersebut ada Changing Guard or not, silakan google ya.


2. Trafalgar Square (via The Mall & St. James's Park)

Trafalgar Square London

Dari Buckingham Palace, jalan nyusurin jalan besar panjang di depannya (The Mall) sambil liat St. James's Park di sampingnya. Ini jalanan panjang lurus dan besar yg suka ada di TV itu lho. Di ujung jalan, nanti ada semacam archway or 'gapura', tembusin itu dan di depan kamu udah Trafalgar Square aka alun-alunnya London.

3. The Big Ben/Parliament (Westminster)

Parliament Square, Big Ben London

Dari Trafalgar Square, jalan lurus aja ke arah Big Ben (Big Ben-nya keliatan kok dari Square). Sambil menuju Big Ben, nanti di jalanan tersebut ada rumah PM Inggris yang terkenal itu 10 Downing Street. Bisa foto-foto di depan pagernya sih hehe... Pagernya di pinggir jalan, tapi rumahnya masih jauh di dalam. Cari aja pager yang banyak satpamnya dan orang ngumpul di depannya. Lalu, jalan lurus dikit lagi, tadaaa.. sampe deh di Big Ben.

4. London Eye

London Eye London United Kingdom Inggris

Puas foto-foto di Big Ben, jalan ke arah sungai/jembatan dan.. tadaaa... udah keliatan deh London Eye. Puas foto-foto di London Eye, laper? tenang.. Bisa makan siang di area Southbank. Cara ke sana? Jalan lurus aja nyusurin sungai melewati Big Ben-nya. Nanti akan ketemu kompleks restoran.


5. Tower Bridge

Tower Bridge, London, Inggris

Kelar makan, bisa jalan balik ke Westminster Station untuk naik tube ke London Bridge Station. Keluar dari Station, tanya aja sama petugas di station, ke mana arah ke Tower Bridge. Dari London Bridge Station, keluar ke Tooley Street, nyebrang, dan jalan nembusin gedung-gedung di situ. Pokoknya jalan ke arah sungai. Nanti di balik gedung-gedung, tadaaa.. muncul deh si Tower Bridge. Bridge ini punya schedule kapan jembatannya ngebuka/ngangkat. Silakan googling ya. Udah capek jalan? Bisa duduk-duduk di taman sambil nikmatin view.

6. Piccadilly Circus/Oxfod Street

Piccadilly Circus, London, Inggris

Udah sore/malam, bisa naik tube/bis ke Piccadilly Circus. Bisa milih sih mau ke Piccadilly Circus pagi atau malam. Di Deket Piccadilly Circus ada Chinatown dan di situ banyak resto buat yang kangen makanan asia/nasi :). Males ke Piccadilly Circus dan pengen belanja, Oxford Street bisa jadi pilihan. Oxford Street adalah jalanan panjang yang isinya toko-toko baju. Mau cari baju murah tapi lucu-lucu? Cari toko bernama Primark yes! Harganya bikin kaget sih, jaga-jaga mata ya, jaminan kalap soalnya :D

72 views0 comments
bottom of page