top of page
  • fibriafibria

Itinerary: 2 Hari di London

Updated: Aug 15, 2023

Punya waktu dua hari di London, sebentar amat! Eits tapi tenang, banyak kok yang bisa di-"raup" dalam dua hari di London.


Untuk hari pertama, bisa langsung dilihat di page ini. Jadi tulisan di bawah ini akan langsung membahas hari ke-dua di London ya.


Singkatnya, hari ke-1 ke:

Buckingham Palace - Trafalgar Square - Westminster/Big Ben - London eye - Tower Bridge - Piccadilly Circus/Oxford Street.


Trus hari ke-2 ke mana dong?

Portobello Market di Notting Hill - King's Cross St. Pancrass (bisa ke Stadionnya Arsenal juga kalau tertarik) - Covent Garden - St. Paul's Cathedral (lalu jalan sore menyusuri River Thames).


1. Portobello Market di Notting Hill

Kalau ternyata lagi berada di London pas hari Sabtu/Minggu, saya merekomendasikan untuk datang ke Portobello Market ini. Sabtu dan Minggu terkenal jadi Market Days di London, di mana beberapa pasar "tumpah" buka di beberapa area di London, salah satu yang paling terkenal ya Portobello Market ini.


Ada banyak banget yang bisa ditemuin di Portobello Market, paling banyak adalah berbagai barang antik mulai dari yang barang hobi, pakaian vintage/kulit dan berbagai pajangan gemes. Selain barang vintage, banyak banget juga stall makanan yang disini. Kesukaan saya kalau ke sini sih, kelilingan ngeliat tenda-tenda jualan dan... makan! Hahaha... Soalnya banyak makanan yang enak-enak dan harganya oke dan suka ada snacks yang dijual dalam bundle dan didiskon. Selain pasar tumpah, banyak juga


Cara ke sini gimana? Gampang. Tinggal naik tube yang line Circle/District (warna hijau/kuning) atau Central (warna merah) dan turun di Notting Hill Gate Station. Dari Stationnya, cari aja arah exit ke Portobello Market, lalu pas keluar pintu, balik badan, jalan lurus, belok kanan. Lalu, luruuuss aja, nah abistu ketemu kerumumunan orang deh.


Sebentar.. Notting Hill kan terkenal sama si filmnya Julia Roberts dan Hugh Grant itu. Trus si book store dan Blue Doors rumahnya Hugh Grants yang terkenal itu di mana? Hm.. sejauh ini saya sih belum nemu si book store dan Blue Doors yang di film. Tapi ada beberapa Blue Doors yang orang suka foto-foto, karena Notting Hill ini juga terkenal dengan jejeran rumah warna-warni.


Cuma, kalau yang di area Portobello Market, area rumahnya itu banyak buanget orang, jadi susah dapet foto ciyamik. Kalau mau foto di barisan rumah warna-warni dan sepi, pergi deh ke jalan Hillgate Place. Lokasinya, dari Notting Hill Gate Station yang pintu Portobello Market, nyebrang ke arah Le Pain Quotidien, lalu jalan lurus ke area belakangnya. Cari aja Hillgate Place/Dartmoor Street/St James Street (pokoknya area Hillgate Village) Nahh.. di sini banyak blok-blok rumah warna-warni cantik dan sepi, kayak gini:

Colourful Houses, Notting Hill, London, United Kingdom
Aslinya banyak belokan yang gak banyak mobilnya kok, cuma waktu itu lupa moto :p

2. King's Cross St. Pancrass Station (bisa lanjut ke Emirates Stadium-nya Arsenal)

Puas di Notting Hill, bisa lanjut jalan ke King's Cross Station. Ada apa di sana? Ada banyak buanget lagi tempat ciyamik buat diliat dan foto-foto :))


Cara ke sana gimana? Dari Notting Hill Gate Station, naik tube Central Line dan get-off di Oxford Circuss Station. Di dalam station, pindah tube/kereta ambil yang Victoria Line. Lalu turun di King's Cross St. Pancrass Station.


Begitu keluar dari station, saya saranin nikmatin dulu deh suasana di dalam stationnya. Hall-nya luas dan caem banget. Dan di hall-nya ini, ada tempat buat foto ala-ala Harry Potter yang mau nembus Peron 9 3/4 (tapi antriannya lumayan juga sih). Di samping tempat foto itu, ada toko souvenirsnya Harry Potter.

King's Cross Station, London, United Kingdom
Hall-nya King's Cross Station

Dari King's Cross Station, coba deh ambil exit yang ke arah Granary Square. Nanti kamu akan ngedapetin tunnel warna-warni yang jadi salah satu hidden gem di London. Kayak gini nih:

Mumpung udah di King's Cross, sempetin untuk jalan-jalan di luar stationnya, yes. Soalnya area di luarnya keren banget. Bisa jalan-jalan kelilingan Granary Square (ada area pertokoan model industrial kekinian), nongkrong di depannya University of Arts London (kece abis!), ke British Library, atau ke depannya St. Pancrass Hotel (saya gak taruh fotonya di sini, tapi silakan nanti intip sendiri, exteriornya juarak!).

Granary Square, ual London, United Kingdom
Salah satu sudut Granary Square. Bisa ikutan leyeh-leyeh di tangga rerumputan itu kalau kaki pegel abis kelilingan area King's Cross Station

Mumpung udah di area utara-nya London, kalau mau mampir ke stadionnya Arsenal (Emirates Stadim) udah deket nih! Caranya? Dari King's Cross Station, ambil tube Piccadilly Line, lalu turun di Holloway Road Station. Dari pintu station, jalan aja nyebrang, luruuuus aja. Nanti Emirates Stadium udah di depan mata:

Emirates Stadium Arsenal London United Kingdom
The famous home of Arsenal!

3. Covent Garden

Covent Garden adalah satu area luas yang isinya ada berbagai toko (mulai dr toko fashion, pernak-pernik, hobi), market cantik, coffee shops dan restoran. Areanya menyenangkan sekali deh, terdiri dari berbagai alley/lorong cantik, gemes dan sebentar-sebentar pengen foto.

Main attraction di Covent Garden adalah si Jubilee Market yang ada di foto di bawah ini. Tapi selain di situ, saya suka jalan kelilingan aja ke mana kaki mau melangkah (lebay...) karena nanti banyak ketemu toko-toko dan coffee shops yang bikin sayang gitu.


Cara ke Covent Garden gimana? Gampang kalau dari Emirates atau King's Cross. Naik tube aja, ambil Piccadilly Line trus turun di Leicester Square Station. Lah kok gak turun di Covent Garden Station aja? Jangan.. Soalnya di station ini, untuk naik keluar dari stationnya, musti pake lift yang nunggunya lama banget. Kalau masih mau turun di station ini tapi ga mau naik lift bisa gak? Bisa, naik tangga sebanyak 193 anak tangga, mwehehe...

Covent Garden London United Kingdom
Area ke "alun-alun"-nya Covent Garden (London, 2019)
Covent Garden London United Kingdom
Jubilee Market / Apple Market-nya Covent Garden... Aku lupaaa hahaha (London, 2019)

Eh iya, kalau ke Covent Garden, pastiin mampir ke Neal's Yard. Ini surga banget buat yang suka liat bangunan cafe warna-warni gemes lengkap dengan tanaman-tanamannya. Di sini orang biasanya suka nongkrong-nongkrong sambil makan..

Cobbled Street Neal's Yard Covent Garden London United Kingdom
Pojokan Neal's Yard (London, 2019)

4. St. Paul's Cathedral (lalu jalan menyusuri River Thames)

Udah kelar seharian jalan, udah duduk-duduk istirahat, makan, ngopi, lanjut lagiiiii!!!! (hehe.. ganas ya ngasih itinerarynya), soalnya belum nyampe di London kalau belum nyusurin Sungai Thames :p


Ini termasuk salah satu aktivitas ter-, super, paling favourite saya kalau di London. Baik jalannya sendiri, sama temen, sama temen-temen, pacar, calon pacar, mantan calon pacar yang pengen diajak balikan lagi (heyyy stop..).


Sambil jalan-jalan nyusurin Sungai Thames ini, saya suka berhenti di beberapa tempat, soalnya banyak banget coffee shops, taman kecil, jembatan-jembatan cantik atau kursi-kursi buat duduk-duduk. Di sekitar rute ini pun banyak tempat-tempat menarik, ada:

- Shakespeare's Globe Theatre (teater yang selalu mainin play-nya Shakespeare)

- Tate Modern (museum berbagai instalasi arts, menurut pembahasaan saya..)

- Cluster restoran

- Millennium Bridge (jembatan pas di depannya St. Paul's Cathedral)

daaaaaan banyak lainnya.


Cara/rute paling nyaman buat jalan di pinggiran Thames, bisa dimulai dari St. Paul's Cathedral. Dari Covent Garden, jalan aja ke Holborn Station. Nah dari situ, naik Central Line (warna merah) ke St.. Paul's Station. Nanti dari pintu stationnya, St. Paul's Cathedral ada di bagian belakangnya (jadi puter balik aja jalan kaki).

St. Paul's Cathedral London United Kingdom
St. Paul's Cathedral (London, 2019)

Nah, trus dari St. Paul's jalan aja ke arah jembatan. Nahhh, ini dia yang disebut Millennium Bridge. Jembatan ini cantik skali viewnya, apalagi ketika sampe di ujung yang bersebrangan sama St. Paul's, nah balik badan deh sebelum turun. Tsakeps!!!

St. Paul's Cathedral Millennium Bridge London United Kingdom
View St. Paul's Cathedral dari Millennium Bridge

Dari jembatan ini, bisa pilih ke kiri atau ke kanan. Ke kiri, ke arah London Bridge (Dan ga terlalu banyak yang menarik sih di jalur ke sana), ke kanan adalah arah ke London Eye (Nahh di sini banyak tempat-tempat seru yang saya sebutin di atas).

Dari sini, jalan aja terus ke arah London Eye. Jalan santai aja sambil nikmatin pemandangan dan toko-toko atau places menarik di sekitarnya (Saya juga nemu buaaanyaaakk banget spot kece buat foto). Kalau kepingin ngopi atau ngemil sambil duduk ngelurusin kaki, di sini banyak cafe jugak!

Embankment Thames St. Paul's Cathedral London United Kingdom
Kalau pas jalan sore nyusurin Thames, nanti jalannya di pinggiran yang ada pohon-pohonnya itu. This is one of my must-do and favourite activities when in London :)

Ps. Saya paling seneng jalan di sini sore-sore, ke arah London Eye, soalnya area ini kalau pas menjelang malam lampu-lampu bangunan mulai nyala dan jadi cantik banget, plus ini salah satu best spot kalau mau menikmati sunset di London :) (yang sangat jarang itu karena lebih sering gloomy-gloomy syahdu hahaha...)


So there you go! Itinerary dua hari di London. Oh ya, di sekitaran tempat yang saya tunjukin ini banyak tempat-tempat makan juga. Silakan google aja pakai keyword tempat-tempat tersebut! Selamat kelilingan London!

99 views0 comments
bottom of page