top of page
  • fibriafibria

Cara Pembuatan Visa Turis ke Korea Selatan



Seperti kita semua tahu, pandemi COVID-19 bikin gerak kita untuk traveling jadi terbatas banget, terutama ke negara-negara yang menutup izin kunjungan turis karena angka kasus yang masih tinggi seperti Korea Selatan (Korsel). Padahal, selama pandemi itu juga segala hiburan tentang Korea Selatan itu lagi naik-naiknya, you name it, musik k-pop, k-drama, budaya. Udah ngiler pengen ke Korsel, tapi izin visa turis belum dibuka *nangis kayak di ending k-drama*


Sampai akhirnya, sekitar pertengahan 2022, Korsel buka izin untuk kunjungan turis. Awalnya, mereka masih menerapkan sistem harus PCR test & karantina di beberapa hari pertama. Lalu di awal Oktober 2022, semua ketentuan itu dicabut.


Tapi lalu pertanyaannya, gimana cara dan proses bikin visanya? Susah gak? Ketentuannya apa saja?


Untuk bikin visa turis Korea Selatan, menurut saya tidak terlalu susah. Tentu, kita harus penuhi semua ketentuannya misalnya dokumen yang diperlukan. Informasi tentang visa Korea Selatan untuk Warga Negara Indonesia bisa dilihat di sini atau ke Instagram mereka @kvac_id . Prosesnya kira-kira seperti di bawah ini (berdasarkan pengalaman saya, ya).


1. Jenis Visa

Untuk jenis visa, pilih Visa Jangka Pendek > Kunjungan Wisata Umum (C-3-9). Ini untuk visa perorangan ya. Visa yang kunjungan kelompok, lain lagi.


2. Persiapkan Dokumen

Tahap kedua, siapkan dokumen sesuai yang ada di website. Di bawah ini adalah ketentuan jika pemohonnya orang dewasa dan untuk single entry (untuk anak, silakan cek di website):

  • Paspor (masa berlaku lebih dari 6 bulan).

  • Pasfoto.

  • Formulir Permohonan Aplikasi Visa (Bisa diunduh di websitenya).

  • Sertifikat Hubungan Keluarga di Indonesia (Contoh: Kartu Keluarga. Waktu itu selain Kartu Keluarga, saya bawa Akta Kelahiran juga).

  • Rekening Koran tiga bulan terakhir (Baiknya surat keterangan nasabah dari bank dan rekening koran dilengkapi cap basah dari bank).

  • Dokumen Pembuktian Identitas.

    • Jika pegawai: surat keterangan kerja & bukti bayar pajak.

    • Jika wiraswasta: pendaftaran usaha & bukti bayar pajak.

    • Jika pelajar: surat keterangan pelajar.

    • Jika tidak bekerja: sertifikat kelulusan dari sekolah terakhir.

*Jika kamu akan tinggal kurang dari 91 hari di Korea Selatan, maka tidak perlu melampirkan Sertifikat Diagnosa TB.

** Waktu itu saya tambahin itinerary/schedule kunjungan di Korsel, tapi dokumen ini gak wajib sih kalau liat di websitenya.

***Waktu apply visa, saya belum beli tiket pesawat, jadi tidak melampirkan dokumen tiket.


Kalau ingin apply visa yang multiple entry, ada tambahan dokumen, yaitu:

  • Pernah mengunjungi Korsel 1(satu) kali atau lebih

    • Dokumen imigrasi Korea yang dapat membuktikan kunjungan (fotokopi visa pada paspor, dsb.).

    • Rekening koran tabungan dalam waktu tiga bulan terakhir/sertifikat kepemilikan kendaraan/tagihan kartu kredit 3 bulan terakhir.

  • Atau pernah mengunjungi negara OECD:

    • Fotokopi visa negara OECD dan bukti pengesahan imigrasi yang ada pada paspor pemohon - lampirkan juga paspor fisiknya.

3. Penyerahan Dokumen

Setelah semua dokumen rapi, ini saatnya untuk apply visanya (ta-da!). Caranya:

  • Datang ke Kantor Korea Visa Application Center yang ada di Lotte Shopping Avenue, Jakarta. Jam operasionalnya Senin-Jumat 09.00-17.00 WIB (Tutup hari Sabtu, Minggu dan hari libur).

  • Siapkan biaya aplikasi visa (persiapkan uang tunai/cash). Biaya aplikasi visa bisa dilihat di website Korea Visa Application Center atau di Instagram @kvac_id.

4. Jangka Waktu Penerbitan Visa

Saat kita mengajukan visa Korsel, biasanya petugasnya akan kasih tahu berapa lama waktu proses visa kita. Untuk visa single entry dan multiple entry, ada perbedaan waktu. Aplikasi visa juga bisa diminta ekspress. Keterangan untuk visa ekspress, ada di sini.


Kalau baca di websitenya, sekarang ini, aplikasi untuk visa single entry itu sembilan hari dan untuk C-3 multiple entry itu 7 hari.


Kita pun bisa pantau apakah visa kita sudah disetujui dan sudah keluar atau ditolak. Ini bisa dilihat di websitenya Korea Visa Application Center. Jadi, nanti setelah dokumen kita diterima, petugas akan memberi kita tanda terima dan cara untuk mengecek status visa.


5. Pengambilan Visa

Begitu visanya sudah jadi, kita bisa download di website tersebut dan print sendiri. Tapi kita tetap perlu ambil paspor dan visa tersebut di kantor aplikasi visa. Jadi, langkah terakhir, tinggal balik lagi ke kantor aplikasi visa dan ambil deh dokumen visanya!


Udah, selesai, gitu aja langkahnya. Simple kok! Gitu dapat visa, beli tiket pesawat, packing, lalu.. Annyeonghasseo Korea! (atau.. Annyeonghasseo Hanguk!)****


****Maaf kalau pengucapannya salah. Mohon info yang betul gimana, nanti aku revisi :)



Berikut ini sumber informasi tentang aplikasi visa Korea Selatan:



17 views0 comments
bottom of page